Jasa Maintenance Jaringan

Jasa Maintenance Jaringan | Jasa IT Bandung | Jasa pemeliharaan perangkat-perangkat IT dan jaringan (komputer, PC, server, storage, router, switch, kabel-kabel) | Jasa Perbaikan Jaringan Internet | Jasa Maintenance Jaringan Internet | Pelayanan Jasa Setting Jaringan & WIFI serta Mikrotik

Jasa Maintenance Jaringan | Jasa IT Bandung | Jasa pemeliharaan perangkat-perangkat IT dan jaringan (komputer, PC, server, storage, router, switch, kabel-kabel) | Jasa Perbaikan Jaringan Internet | Jasa Maintenance Jaringan Internet | Pelayanan Jasa Setting Jaringan & WIFI serta Mikrotik


Jasa Maintenance Jaringan adalah pihak yang akan membantu Anda dalam menjaga dan merawat jaringan komputer secara berkala. Maintenance dilakukan pada hardware, Wireless, wifi akses point, router, komputer server, komputer client, kabel data LAN dan help desk support.

Cukup rumit jika dilakukan oleh yang bukan ahli, maka lebih optimal hasilnya jika dilakukan pihak berkompeten. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mengetahui mengapa perlu dilakukan maintenance serta cara melakukannya.

Tujuan Maintenance Jaringan yang Perlu Diketahui

Baik digunakan secara pribadi untuk menunjang belajar, bekerja atau bahkan sekedar untuk hobi, jaringan komputer harus selalu dirawat. Apalagi jika penggunaannya skala profesional seperti di perusahaan. Tujuan adanya perawatan adalah sebagai berikut.

  1. Memaksimalkan Performa

Jasa maintenance jaringan membantu memaksimalkan performa aset perusahaan agar beroperasi secara optimal. Hal ini akan meningkatkan efisiensi sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan bisnis.

  1. Meningkatkan Keawetan Aset

Tujuan lain yaitu mengoptimalkan masa pakai aset dalam hal ini adalah perangkat komputer. Produktivitas aset berupa komputer baik hardware, software maupun jaringan meningkat dengan adanya pemeriksaan dan pembersihan secara berkala.

Dan ini perlu dilakukan dengan benar, maka diperlukan jasa maintenance jaringan. Teknisi yang terbiasa melakukan perawatan akan memeriksa sampai pada bagian-bagian sulit dijangkau. Sehingga hasilnya lebih maksimal.

  1. Memangkas Biaya Perbaikan

Dengan adanya perawatan secara rutin, kerusakan bisa dihindari, secara langsung mengurangi biaya perbaikan. Bahkan ini bisa diandalkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Perusahaan maupun penggunaan pribadi jadi makin efisien tidak perlu membeli baru.

  1. Mencegah gangguan dalam bekerja maupun belajar

Bekerja menggunakan perangkat komputer bisa menyebabkan orang tergantung. Jika terjadi mati mendadak, maka proses belajar atau pekerjaan akan tertunda. Hal ini bisa berpengaruh fatal jika terjadi dalam perusahaan.

Proses operasional terhenti, produktifitas menurun, hingga menyebabkan kerugian finansial. Hal serupa juga akan terjadi pada penggunaan pribadi. Maka perlu diantisipasi dengan melakukan perawatan menggunakan jasa terbaik.

Cara yang Biasa Dilakukan Jasa Maintenance Jaringan Komputer

Diperlukan pengetahuan dan skill memadai sebelum melakukan perawatan serta pemeriksaan. Jika Anda ingin mempelajari apa yang dilakukan oleh jasa maintenance, kurang lebih seperti di bawah ini.

  1. Perawatan Komputer Server

Perawatan bagian komputer server sebagai pengendali komputer client menjadi tahapan utama yang diperhatikan, sebab berkaitan dengan pusat penyimpanan data. Mulai dari pemeriksaan rutin dan perawatannya dapat dilakukan 1 minggu atau 1 bulan sekali.

  1. Perawatan Switch

Switch berfungsi sebagai perantara dalam jaringan komputer. Jika terjadi kerusakan jaringan komunikasi antara server dengan client atau client dengan client tidak bida terjadi. Maka jadwal pemeriksaan harus selalu dipatuhi.

Proses yang terjadi pada tahapan ini adalah menempatkan switch pada area bebas debu. Kemudian jasa maintenance jaringan juga memperhatikan temperatur ruang penyimpanan agar tidak terlalu panas. Bahkan kebanyakan ditempatkan pada ruang ber-AC untuk menjaga performanya.

  1. Perawatan Kabel

Kabel berperan penting dalam jaringan internet, jika bagian ini bermasalah internet bisa mati karena tidak terhubung. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat ada tidaknya robekan. Selanjutnya memperbaiki atau langsung mengganti jika terdapat kerusakan.

  1. Perawatan Komputer Client

Meski tidak memiliki peran penting dalam jaringan tapi jika terjadi kerusakan akan berpengaruh pada komputer client lain. Maintenance dilakukan dengan menjalankan defragment, menjalankan scan virus, memperbarui antivirus, membersihkan temporary file.

Kemudian dilakukan juga penghapusan file installer yang ketinggalan atau tidak terinstall sempurna. Sederhana prosesnya, dan ini dapat dilakukan oleh Anda sendiri sebagai pengguna.

Berikut beberapa informasi penting mengenai jaringan internet:

  1. Struktur Jaringan: Internet adalah jaringan yang terdiri dari ribuan jaringan lokal (LAN), jaringan metropolitan (MAN), dan jaringan area luas (WAN) yang terhubung secara global. Ini mencakup jaringan swasta, institusi pendidikan, perusahaan, penyedia layanan internet (ISP), dan infrastruktur publik.
  2. Protokol dan Standar: Jaringan internet beroperasi berdasarkan serangkaian protokol dan standar komunikasi yang telah ditetapkan. Salah satu protokol yang paling mendasar adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
  3. ISP (Internet Service Provider): ISP adalah perusahaan atau organisasi yang menyediakan akses internet kepada pengguna akhir. Mereka bertindak sebagai pintu gerbang untuk menghubungkan pengguna ke internet.
  4. Akses Internet: Ada berbagai cara untuk mengakses internet, termasuk melalui koneksi kabel, DSL, serat optik, nirkabel (Wi-Fi, 4G/5G), dan satelit. Setiap metode ini memiliki kecepatan dan cakupan yang berbeda.
  5. Alamat IP: Setiap perangkat yang terhubung ke internet memiliki alamat IP (Internet Protocol) yang unik. Alamat IP digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam jaringan dan mengarahkan lalu lintas data.
  6. World Wide Web (WWW): World Wide Web adalah salah satu layanan utama yang tersedia di internet. Ini adalah sistem informasi global yang memungkinkan akses ke halaman web, situs web, dan konten online.
  7. E-mail: Email adalah salah satu aplikasi paling umum di internet. Ini memungkinkan pengiriman pesan elektronik antara pengguna internet.
  8. Mesin Pencari: Mesin pencari seperti Google memungkinkan pengguna untuk mencari dan menemukan informasi di web dengan cepat dan efisien.
  9. Media Sosial: Media sosial adalah platform online yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi, berbagi konten, dan berinteraksi dengan orang lain secara global.
  10. Keamanan Internet: Keamanan internet adalah perhatian utama, dengan ancaman seperti virus, malware, peretasan, dan phishing. Untuk melindungi diri dari ancaman ini, pengguna dan organisasi menggunakan perangkat lunak keamanan dan praktik yang aman.
  11. Pengembangan Internet: Internet terus berkembang dan evolusi teknologi seperti Internet of Things (IoT), 5G, dan IPv6 sedang mengubah cara kita terhubung dan berinteraksi dengan internet.
  12. Isu Kebebasan dan Privasi: Masalah kebebasan berbicara dan privasi online menjadi semakin penting dalam perkembangan internet. Sejumlah undang-undang dan peraturan telah diberlakukan untuk mengatasi isu-isu ini.
  13. Akses Global: Internet telah menjadi alat penting dalam menghubungkan orang-orang di seluruh dunia. Ini telah memungkinkan kolaborasi global, perdagangan elektronik, pendidikan jarak jauh, dan banyak lagi.

Pemeriksaan sekaligus perawatan baik skala kecil maupun besar dapat lebih optimal dengan mempercayakannya pada Pilar Connect Solution. Anda bisa langsung menghubungi kontak CS maupun cek di website resmi kami untuk pemesanan jasa maintenance jaringan dan Jasa Pemasangan LAN

5/5 - (30 votes)

Comments are disabled.

HomeFAQShopServicesContact
× Salam, ada yang bisa kami bantu?